Langsung ke konten utama

Question Budaya Nasional Sebagai Dasar Pendidikan [PGSD_UNU_NTB]


Kapita Selekta Pendidikan



Question Budaya Nasional Sebagai Dasar Pendidikan


1. Apa yang dimaksud dengan pendidikan sebagai cultural heritage?
2. Jelaskan perbedaan konsep budaya secara umum dan konsep
budaya dari sudut pendidikan!
3. Jelaskan beberapa nilai-nilai budaya yang ada dalam pendidikan
nasional!
4. Jelaskan keterkaitan antara budaya nasional dan pendidikan!
5. Bagaimana implementasi budaya nasional kedalam pendidikan
nasional?
6. Jelaskan pengaruh budaya asing terhadap pendidikan nasional!


Answer
  1. Pendidikan sebagai Cutural heritage , Pendidikan sebagi Warisan budaya, yang dimana Salah satu kodrat manusia yang tidak dimiliki oleh binatang Merupakan jati diri suatu masyarakat atau kaum yang diwariskan dari generasi – generasi sebelumnya ,yang dilestarikan untuk generasi-generasi yang akan datang.
  2. Budaya adalah karya dan hasil cipta manusia dalam mengubah alam ini. Pendidikan hanya dapat berbeda bila dilihat dari sudut yang berbeda. Dari sudut pendidikan budaya adalah : 
  • Segala sesuatu yang terjadi sebagai hasil belajar. 
  • Segala sesuatu yang menjadi rencana kebiasaan atau tradisi yang tepat dalam masyarakat.

3.Segala sesuatu yang hendak disesuaikan adalah dari generasi yang lebih tua kepada generasi yang lebih muda.pendidikan nasional berakar pada tiga nilai, yaitu: nilai-nilai yang bersumber dari agama dan nilai-nilai yang bersumber dari kebudayaan nasional dan perkembangan tuntutan perubahan zaman.
  • Nilai-nilai Agama.
  Pendidikan di Indonesia salah satunya didasarkan pada nilai-nilai agama walaupun secara tegas dinyatakan bahwa Indonesia bukan negara agama dan bukan pula negara sekuler, tetapi negara pancasila. Misalnya nilai agama Islam dapat bersumberkan pada Al-Qur'an dan Hadis, Kristen pada Injil, dan seterusnya.b.Nilai-nilai Kebudayaan Nasional
  • Nilai-nilai Kebudayaan Nasional;
 dapat berupa gagasan, konsep, tata sosial, sistem nilai, perundangan, perilaku yang menunjukkan jati diri bangsa Indonesia.
  • Tuntutan perubahan zaman Pendidikan perlu menyusaikan dengan perubahan zaman,
  misalnya dalam hal perkembangaan TIK dan sebagainya.


4. Interelasi antara pendidikan dan kebudayaan menjadi topik yang sangat menarik. Pertama karena pendidikan telah direduksikan sebagai pembentukan intelektual semata-mata. Seperti kita tetapi meliputi berbagai segi kehidupan manusia termasuk teknologi, seni sastra dan musik, olahraga dan macam-macam lagi manifestasi kebudayaan yang dikenal manusia.       Ketahui bahwa kehidupan manusia bukan hanya kehidupan intelektual saja.Di negara manapun budaya nasional selalu dijadikan dasar pendidikan nasional sejak awal kemerdekaan nasional pendidikan nasional. Sejak didirikan atas kebudayaan nasional dinyatakan oleh K.H. Dewantoro bahwa pendidikan nasional harus disesuaikan atas kebudayaan nasional Indonesia.

5.Beberapa implikasi yang dapat timbul antara lain :
1. Menjadikan budaya lokal sumber yang dinamis/positif sebagai aset/isi pendidikan nasional.
2. Mengenai budaya luar yang ditemui dan dapat mempengaruhi pendidikan nasional.
3. Mencegah pengaruh budaya lokal tertentu yang memerlukan budaya nasional.

6.Pengaruh Kebudayaan Barat dalam Tatanan Pendidikan Kita
  Interaksi sosial dan budaya yang dialaminya, juga dapat menimbulkan permasalahan-permasalahan dari dalam kehidupan mereka. Pada saat tersebut, mereka pun secara jelas sedang mengalami goncangan-goncangan yang sering bermakna pada anggota badannya hingga membingungkan.
    Dalam kehidupan antar bangsa yang tidak dapat kita hindarkan adalah terdapatnya interaksi budaya dan norma antar barat dan timur dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana kita ketahui dan sadari setiap interaksi sosial akan memberikan pengaruh satu dengan yang lain, baik langsung ataupun tidak langsung, sedikit ataupun banyak pengaruh tersebut dapat berbentuk adaptasi yang positif, dalam arti tidak menimbulkan kegoncangan dan permasalahan.   Namun tidak jarang dapat merusak dan mencemaskan serta merugikan kebudayaan bangsa yang dihormati dan diamalkan aspek-aspeknya. dalam kehidupan sehari-hari bukan tidak mungkin akan terdesak dan semakin ditinggalkan oleh mereka yang sangat tertarik, bahkan tergila-gila dengan unsur-unsur budaya asing. Kenyataan menunjukan bahwa kadangkala orang timur yang terpesona dengan kebudayaan barat akan hidup dengan pola kebarat-baratan dan antipati terhadap budaya bangsa sendiri.
 salah satu gejala sosial yang paling sederhana, dapat dilihat pada permasalahan perasaan malu. Jika dulu perasaan malu dominan dalam kehidupan masyarakat, namun kini perasaan tersebut semakin menipis dan menguap, sehingga melicinkan mereka untuk melakukan hal-hal yang semula di pandang kurang bahkan tidak pantas. Di antara pengaruh dunia Barat yang tertanam pada bangsa kita, khususnya anak usia sekolah adalah sebagai berikut:
  • Selebmania
  • Premium Call
  • Diskotik dan Pub
  • Narkoba dan Miras
  • Seks Bebas

Nama :Isnaini
Prodi:s-1 PGSD UNU NTB
Makul:kapita selekta pendidikan
Materi: Budaya Nasional Sebagai Dasar Pendidikan
Dosen pengempu: Bapak Hadi Wijaya,M.pd.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sumber Otoritas Pelaksanaan Supervisi [PGSD_UNU_NTB]

Pelaksanaan Supervisi Oleh Kepala Sekolah Dan Pengawas Di Sekolah BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pelaksanaan supervisi bukan untuk mencari kesalahan guru tetapi pelaksanaan supervisi pada dasarnya adalah proses pemberian layanan bantuan kepada guru untuk memperbaiki proses belajar mengajar yang dilakukan guru dan meningkatkan kualitas hasil belajar. Kegiatan supervisi pendidikan sangat diperlukan oleh guru, karena bagi guru yang bekerja setiap hari di sekolah tidak ada pihak lain yang lebih dekat dan mengetahui dari dalam segala kegiatannya, kecuali Kepala Sekolah. Guru merupakan salah satu faktor penentu rendahnya mutu hasil pendidikan. Dalam rangka pelaksanaan program supervisi pendidikan maka harus mencakup semua komponen yang terkait dan mempengaruhi terhadap keberhasilan program supervisi pendidikan. Keberhasilan tersebut dilihat dari komponen perencanaan, implementasi dan dampak dari program supervisi pendidikan. Kepala Sekolah dalam melaksanakan tugas dan...

Struktur kurikulum TPQ Taman Pendidikan Al Qur’an atau TPA

selampang,30 Agustus 2020 Struktur kurikulum TPQ Taman Pendidikan Al Qur’an atau TPA  Struktur kurikulum TPA ini meliputi inti pembelajaran yang dilewati pada jenjang pendidikan untuk 3 tahun atau dalam enam semester. Pada masing masing jenjang ditempuh dengan waktu satu tahun yang mana dinamakan dengan level. Dengan waktu 3 tahun maka level yang ada adalah : -Level A -Level B -Dan level C  Penyusunan untuk struktur kurikulum TPQ Penyusunan untuk struktur kurikulum TPQ didasarkan kepada standar kompetensi lulusan dengan ketentuaan seperti dibawah ini :  Kurikulum TPQ berisi materi pokok dan materi dengan muatan lokal.Untuk materi pokok yaitu Pembelajaran Alquran, ilmu tajwid, ayat pilihan, bacaan sholat, hafalan surah pendek, praktek ibadah, doa serta adab harian, tahsinul kitabah, dan Pengenalan dasar agama Islam. Untuk muatan lokal disesuaikan dengan kondisi masing masing.  Sedangkan untuk materi pokok pada setiap jenjang l...

Budaya Nasional Sebagai Dasar Pendidikan [PGSD_UNU_NTB]

Bab III. Budaya Nasional Sebagai Dasar Pendidikan Kapita Selekta Pendidikan A. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari uraian materi pada bab ini, maka mahasiswa diharapkan dapat: 1. Mampu menjelaskan pengertian pendidikan dan budaya. 2. Mampu menjelaskan konsep budaya nasional sebagai dasar pendidikan. 3. Mampu mejelaskan keterkaitan antara pendidikan dan kebudayaan. 4. Mampu mendeskripsikan fungsi dan nilai-nilai budaya nasional sebagai dasar pendidikan. 5. Mampu mendeskripsikan implementasi budaya nasional sebagai dasar pendidikan. 6. Mampu menjelaskan implikasi masalah beserta solusi terkait budaya nasional sebagai dasar pendidikan.  B. Pendahuluan    Hanya manusialah yang memiliki budaya, kebudayaan bukan hanya membentuk pribadi seseorang tetapi juga dikembangkan oleh manusia itu sendiri. Dengan demikian jelaslah kiranya bahwa pendidikan tidak lain adalah proses pembudayaan. Artinya apabila pendidikan itu dilepaskan dari kebudayaan maka tujuan pe...