Langsung ke konten utama

Apa Itu Bangun Datar??? Kita Cari Tahu Yukkk[PGSD UNU NTB]

 Rumus Luas dan Keliling Bangun Datar Matematika

IsnainiAyH, 

Selampang, Jembatan Gantung. 

Rumus Bangun Datar Matematika 

– Pengertian Bangun Datar dalam Mata Pelajaran Matematika menurut imam roji adalah suatu bagian dari bidang datar yg telah dibatasi oleh garis – garis lurus maupun lengkung sehingga bisa disimpulkan bahwa bangun datar ini merupakan bangun 2 dimensi yang hanya mempunyai panjang dan lebar dan telah dibatasi oleh garis lengkung dan garis lurus.Secara umum Bangun Datar Dua Dimensi Matematika ini terbagi menjadi Delapan Bangun Dua Dimensi yang antara lain Bangun Datar Persegi, Bangun Datar Persegi Panjang, Bangun Datar Trapesium, Bangun Datar Layang – Layang, Bangun Datar Belah Ketupat, Bangun Datar Lingkaran, Bangun Datar Jajar Genjang dan Bangun Datar Segitiga. Tiap tiap Macam Bangun Datar Matematika tersebut memiliki sifat dan rumus yang berbeda satu sama lainnya dan Sifat Bangun Datar Matematika ini sudah dijelaskan oleh saya dipertemuan sebelumnya.

Oleh karena itu dikesempatan ini tinggal saya akan menjelaskan dan memberikan kepada kalian semua para pembaca dilaman rumus rumus tentang Rumus Bangun Datar Matematika karena tidak bisa dipungkiri bahwa Mata Pelajaran Matematika tentang Bangun Datar ini cukup penting dan sering juga keluar di Soal – Soal Ujian Matematika seperti Soal Ujian Nasional (UN) maupun Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) baik di tingkat Sekolah Dasar (SD) kelas 6 dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 7.


Rumus Bangun Datar Matematika Secara Lengkap



Langsung saja dibawah ini telah saya tuliskan Kumpulan Rumus Bangun Datar Dua Dimensi secara lengkap baik Rumus Luas dan Keliling Bangun Datar Persegi, Bangun Datar Persegi Panjang, Bangun Datar Trapesium, Bangun Datar Layang – Layang, Bangun Datar Belah Ketupat, Bangun Datar Lingkaran, Bangun Datar Jajar Genjang dan Bangun Datar Segitiga.

1. Rumus Persegi Bangun Datar

Bangun Datar Persegi adalah persegi panjang yang semua sisinya mempunyai panjang yang sama dan untuk Rumus Luas dan Keliling Persegi bisa kalian lihat dibawah ini :

Rumus Luas Persegi = s x s (s²)

Rumus Keliling Persegi = 4 x s (s adalah sisi)

2. Rumus Persegi Panjang Bangun Datar

Bangun Datar Persegi Panjang adalah suatu bangun datar yg memiliki sisi yang berhadapan yang sama panjang dan mempunyai 4 buah titik sudut yang siku – siku. Untuk Rumus Luas Bangun Datar Persegi Panjang dan Rumus Keliling Bangun Datar Persegi Panjang bisa kalian lihat dibawah ini :

Rumus Luas Persegi Panjang = p x l

Rumus Keliling Persegi Panjang = 2 x (p+l) || p : panjang dan l : lebar

3. Rumus Jajar Genjang Bangun Datar

Bangun Datar Jajar Genjang adalah Bangun Segi empat yang mempunyai sisi sepasang – pasang yang sama panjang dan sejajar. Untuk Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang bisa kalian lihat dibawah ini :

Rumus Luas Jajar Genjang = a x t || a : alas dan t : tinggi

DA


Rumus Keliling Jajar Genjang = AB + BC + CD + AD

4. Rumus Trapesium Bangun Datar

Bangun Datar Trapesium adalah bangun Segi Empat yang mempunyai sepasang sisi yang sejajar. Untuk Rumus Luas dan Keliling Trapesium bisa kalian lihat dibawah ini :

Rumus Luas Trapesium = ½ x jumlah sisi sejajar x tinggi

Rumus Keliling Trapesium = AB + BC + CD + DA

5. Rumus Layang – Layang Bangun Datar

Bangun Datar Layang – Layang adalah Bangun Segi empat yang salah satu diagonalnya dapat memotong tegak lurus dengan sumbu diagonal yang lainnya. Dan untuk Rumus Luas dan Keliling Layang – Layang bisa kalian lihat dibawah ini :

Rumus Luas Layang – Layang = ½ x d1 x d2 || d : diagonal

Rumus Keliling Layang – Layang = 2 x (AB + BC)

6. Rumus Segitiga Bangun Datar

Bangun Datar Segitiga adalah bangun datar yg dibentuk oleh 3 buah titik yg titik tersebut tidak segaris. Sedang untuk Rumus Luas dan Keliling Segitiga bisa kalian lihat dibawah ini :

Rumus Luas Segitiga = ½ x a x t || a : alas dan t : tinggi

Rumus Keliling Segitiga = AB + BC + AC

7. Rumus Belah Ketupat Bangun Datar

Bangun Datar Belah Ketupat adalah Bangun Segi Empat yang semua sisi – sisinya itu sama panjang dan kedua diagonal belah ketupat saling berpotongan tegak lurus. Untuk Rumus Luas dan Keliling Belah Ketupat bisa kalian lihat dibawah ini :

Rumus Luas Belah Ketupat = ½ x di x d2 || d : diagonal

Rumus Keliling Belah Ketupat = 4 x s || s : sisi

8. Rumus Lingkaran Bangun Datar

Bangun Datar Lingkaran adalah bangun datar yang terbentuk dari himpunan – himpunan yang semua titiknya mengelilingi suatu titik asal dengan jarak yang sama. Jarak itu biasanya dilambangkan dengan r (Radius) atau sering disebut juga jari – jari. Untuk Rumus Luas dan Keliling Lingkaran bisa kalian lihat dibawah ini :

Rumus Luas Lingkaran = π x r² (π : 22/7 atau 3.14 dan r : jari – jari)

Rumus Keliling Lingkaran = π x d (π : 22/7 atau 3.14 dan d : diameter)

Itulah Kumpulan Rumus Bangun Datar Matematika yang terbagi menjadi Bangun Datar Persegi, Bangun Datar Persegi Panjang, Bangun Datar Trapesium, Bangun Datar Layang – Layang, Bangun Datar Belah Ketupat, Bangun Datar Lingkaran, Bangun Datar Jajar Genjang dan Bangun Datar Segitiga.

Semoga saja ulasan tentang Bangun Datar Matematika ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian para pembaca dan pelajar yang membutuhkan informasi tentang Rumus Bangun Datar Matematika ini karena tidak bisa dipungkiri bahwa di jaman sekarang media online sudah berkembang sangat pesat dan dijaman sekarang ini pula kita sebagai pelajar bisa belajar lewat media online yang lebih praktis dan mudah.


https://isnainiayh02.blogspot.com/2021/01/apa-itu-bangun-datar-kita-cari-tahu.html







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur kurikulum TPQ Taman Pendidikan Al Qur’an atau TPA

selampang,30 Agustus 2020 Struktur kurikulum TPQ Taman Pendidikan Al Qur’an atau TPA  Struktur kurikulum TPA ini meliputi inti pembelajaran yang dilewati pada jenjang pendidikan untuk 3 tahun atau dalam enam semester. Pada masing masing jenjang ditempuh dengan waktu satu tahun yang mana dinamakan dengan level. Dengan waktu 3 tahun maka level yang ada adalah : -Level A -Level B -Dan level C  Penyusunan untuk struktur kurikulum TPQ Penyusunan untuk struktur kurikulum TPQ didasarkan kepada standar kompetensi lulusan dengan ketentuaan seperti dibawah ini :  Kurikulum TPQ berisi materi pokok dan materi dengan muatan lokal.Untuk materi pokok yaitu Pembelajaran Alquran, ilmu tajwid, ayat pilihan, bacaan sholat, hafalan surah pendek, praktek ibadah, doa serta adab harian, tahsinul kitabah, dan Pengenalan dasar agama Islam. Untuk muatan lokal disesuaikan dengan kondisi masing masing.  Sedangkan untuk materi pokok pada setiap jenjang l...

Sumber Otoritas Pelaksanaan Supervisi [PGSD_UNU_NTB]

Pelaksanaan Supervisi Oleh Kepala Sekolah Dan Pengawas Di Sekolah BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pelaksanaan supervisi bukan untuk mencari kesalahan guru tetapi pelaksanaan supervisi pada dasarnya adalah proses pemberian layanan bantuan kepada guru untuk memperbaiki proses belajar mengajar yang dilakukan guru dan meningkatkan kualitas hasil belajar. Kegiatan supervisi pendidikan sangat diperlukan oleh guru, karena bagi guru yang bekerja setiap hari di sekolah tidak ada pihak lain yang lebih dekat dan mengetahui dari dalam segala kegiatannya, kecuali Kepala Sekolah. Guru merupakan salah satu faktor penentu rendahnya mutu hasil pendidikan. Dalam rangka pelaksanaan program supervisi pendidikan maka harus mencakup semua komponen yang terkait dan mempengaruhi terhadap keberhasilan program supervisi pendidikan. Keberhasilan tersebut dilihat dari komponen perencanaan, implementasi dan dampak dari program supervisi pendidikan. Kepala Sekolah dalam melaksanakan tugas dan...

Budaya Nasional Sebagai Dasar Pendidikan [PGSD_UNU_NTB]

Bab III. Budaya Nasional Sebagai Dasar Pendidikan Kapita Selekta Pendidikan A. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari uraian materi pada bab ini, maka mahasiswa diharapkan dapat: 1. Mampu menjelaskan pengertian pendidikan dan budaya. 2. Mampu menjelaskan konsep budaya nasional sebagai dasar pendidikan. 3. Mampu mejelaskan keterkaitan antara pendidikan dan kebudayaan. 4. Mampu mendeskripsikan fungsi dan nilai-nilai budaya nasional sebagai dasar pendidikan. 5. Mampu mendeskripsikan implementasi budaya nasional sebagai dasar pendidikan. 6. Mampu menjelaskan implikasi masalah beserta solusi terkait budaya nasional sebagai dasar pendidikan.  B. Pendahuluan    Hanya manusialah yang memiliki budaya, kebudayaan bukan hanya membentuk pribadi seseorang tetapi juga dikembangkan oleh manusia itu sendiri. Dengan demikian jelaslah kiranya bahwa pendidikan tidak lain adalah proses pembudayaan. Artinya apabila pendidikan itu dilepaskan dari kebudayaan maka tujuan pe...