Langsung ke konten utama

Menganalisis KI dan KD PKN SD kelas I dan II [pgsd unu ntb]

 

MAKALAH 


Menganalisis KI dan KD PKN SD kelas I dan II




Disusun Oleh kelompok 7


Nama Anggota

: ISNAINI(1902060053)

:Yulinda isnawati(1902060051)

:Rukman Danyu(1902060056)



PGSD

UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA 

201/2020



KATA PENGANTAR


Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang Menganalisis KI dan KD PKN SD kelas I dan II dan manfaatnya untuk masyarakat.

Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini. 

    Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.    

    Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang Menganalisis KI dan KD PKN SD kelas I dan II dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.

    



Selampang, 22 maret 2021


IsnainiAyH 







                                                            Daftar Isi


KATA PENGANTAR.......................................................................................

DAFTAR ISI.......................................................................................................

BAB I  Ki Dan Kd Ppkn Sd/Mi Kelas 1 Semester 1-2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018.......................................................................................................

BAB II .......................................................................................


BAB I

Ki Dan Kd Ppkn Sd/Mi Kelas 1 Semester 1-2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SD/MI Kelas 1 Semester 1 dan 2 Berdasarkan Lampiran Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  KI dan KD PPKn SD/MI Kelas 1 Semester 1-2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018

I. KI-1 dan KD PPKn Kelas 1

A. Kompetensi Inti 1 (KI-1): Sikap Spiritual
1. Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya

B. Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
1.2. Menunjukkan sikap patuh hukum agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
1.3. Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah

II. KI-2 dan KD PPKn Kelas 1

A. Kompetensi Inti 2 (KI-2): Sikap Sosial
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru

B. Kompetensi Dasar
2.1. Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
2.2. Melaksanakan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.3. Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah

III. KI-3 dan KD PPKn Kelas 1

A. Kompetensi Inti 3 (KI-3): Pengetahuan
3.Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

B. Kompetensi Dasar
3.1. Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2. Mengidentifikasi hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.3. Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah
3.4. Mengidentifikasi bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  KI dan KD PPKn SD/MI Kelas 1 Semester 1-2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018

IV. KI-4 dan KD PPKn Kelas 1

A. Kompetensi Inti 4 (KI-4): Keterampilan
4.Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
4.1. Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila
4.2. Menceritakan acara sesuai dengan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.3. Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah
4.4. Menceritakan pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah


BAB II
Daftar Pustaka


https://isnainiayh02.blogspot.com/2021/03/menganalisis-ki-dan-kd-pkn-sd-kelas-i.
https://yulindaisnawati.blogspot.com/2021/03/menganalisis-ki-dan-kd-pkn-sd-kelas-i.html





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sumber Otoritas Pelaksanaan Supervisi [PGSD_UNU_NTB]

Pelaksanaan Supervisi Oleh Kepala Sekolah Dan Pengawas Di Sekolah BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pelaksanaan supervisi bukan untuk mencari kesalahan guru tetapi pelaksanaan supervisi pada dasarnya adalah proses pemberian layanan bantuan kepada guru untuk memperbaiki proses belajar mengajar yang dilakukan guru dan meningkatkan kualitas hasil belajar. Kegiatan supervisi pendidikan sangat diperlukan oleh guru, karena bagi guru yang bekerja setiap hari di sekolah tidak ada pihak lain yang lebih dekat dan mengetahui dari dalam segala kegiatannya, kecuali Kepala Sekolah. Guru merupakan salah satu faktor penentu rendahnya mutu hasil pendidikan. Dalam rangka pelaksanaan program supervisi pendidikan maka harus mencakup semua komponen yang terkait dan mempengaruhi terhadap keberhasilan program supervisi pendidikan. Keberhasilan tersebut dilihat dari komponen perencanaan, implementasi dan dampak dari program supervisi pendidikan. Kepala Sekolah dalam melaksanakan tugas dan...

Struktur kurikulum TPQ Taman Pendidikan Al Qur’an atau TPA

selampang,30 Agustus 2020 Struktur kurikulum TPQ Taman Pendidikan Al Qur’an atau TPA  Struktur kurikulum TPA ini meliputi inti pembelajaran yang dilewati pada jenjang pendidikan untuk 3 tahun atau dalam enam semester. Pada masing masing jenjang ditempuh dengan waktu satu tahun yang mana dinamakan dengan level. Dengan waktu 3 tahun maka level yang ada adalah : -Level A -Level B -Dan level C  Penyusunan untuk struktur kurikulum TPQ Penyusunan untuk struktur kurikulum TPQ didasarkan kepada standar kompetensi lulusan dengan ketentuaan seperti dibawah ini :  Kurikulum TPQ berisi materi pokok dan materi dengan muatan lokal.Untuk materi pokok yaitu Pembelajaran Alquran, ilmu tajwid, ayat pilihan, bacaan sholat, hafalan surah pendek, praktek ibadah, doa serta adab harian, tahsinul kitabah, dan Pengenalan dasar agama Islam. Untuk muatan lokal disesuaikan dengan kondisi masing masing.  Sedangkan untuk materi pokok pada setiap jenjang l...

Budaya Nasional Sebagai Dasar Pendidikan [PGSD_UNU_NTB]

Bab III. Budaya Nasional Sebagai Dasar Pendidikan Kapita Selekta Pendidikan A. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari uraian materi pada bab ini, maka mahasiswa diharapkan dapat: 1. Mampu menjelaskan pengertian pendidikan dan budaya. 2. Mampu menjelaskan konsep budaya nasional sebagai dasar pendidikan. 3. Mampu mejelaskan keterkaitan antara pendidikan dan kebudayaan. 4. Mampu mendeskripsikan fungsi dan nilai-nilai budaya nasional sebagai dasar pendidikan. 5. Mampu mendeskripsikan implementasi budaya nasional sebagai dasar pendidikan. 6. Mampu menjelaskan implikasi masalah beserta solusi terkait budaya nasional sebagai dasar pendidikan.  B. Pendahuluan    Hanya manusialah yang memiliki budaya, kebudayaan bukan hanya membentuk pribadi seseorang tetapi juga dikembangkan oleh manusia itu sendiri. Dengan demikian jelaslah kiranya bahwa pendidikan tidak lain adalah proses pembudayaan. Artinya apabila pendidikan itu dilepaskan dari kebudayaan maka tujuan pe...