MAKALAH
Menganalisis KI dan KD PKN SD kelas I dan II
Disusun Oleh kelompok 7
Nama Anggota
: ISNAINI(1902060053)
:Yulinda isnawati(1902060051)
:Rukman Danyu(1902060056)
PGSD
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA
201/2020
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang Menganalisis KI dan KD PKN SD kelas I dan II dan manfaatnya untuk masyarakat.
Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang Menganalisis KI dan KD PKN SD kelas I dan II dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Selampang, 22 maret 2021
IsnainiAyH
Daftar Isi
KATA PENGANTAR.......................................................................................
DAFTAR ISI.......................................................................................................
BAB I Ki Dan Kd Ppkn Sd/Mi Kelas 1 Semester 1-2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018.......................................................................................................
BAB II .......................................................................................
BAB I
Ki Dan Kd Ppkn Sd/Mi Kelas 1 Semester 1-2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SD/MI Kelas 1 Semester 1 dan 2 Berdasarkan Lampiran Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
I. KI-1 dan KD PPKn Kelas 1
A. Kompetensi Inti 1 (KI-1): Sikap Spiritual
1. Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya
B. Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
1.2. Menunjukkan sikap patuh hukum agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
1.3. Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah
II. KI-2 dan KD PPKn Kelas 1
A. Kompetensi Inti 2 (KI-2): Sikap Sosial
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
B. Kompetensi Dasar
2.1. Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
2.2. Melaksanakan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.3. Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
III. KI-3 dan KD PPKn Kelas 1
A. Kompetensi Inti 3 (KI-3): Pengetahuan
3.Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
B. Kompetensi Dasar
3.1. Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2. Mengidentifikasi hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.3. Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah
3.4. Mengidentifikasi bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah
IV. KI-4 dan KD PPKn Kelas 1
A. Kompetensi Inti 4 (KI-4): Keterampilan
4.Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
4.1. Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila
4.2. Menceritakan acara sesuai dengan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.3. Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah
4.4. Menceritakan pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah
BAB II
Daftar Pustaka
https://isnainiayh02.blogspot.com/2021/03/menganalisis-ki-dan-kd-pkn-sd-kelas-i.
https://yulindaisnawati.blogspot.com/2021/03/menganalisis-ki-dan-kd-pkn-sd-kelas-i.html
Komentar
Posting Komentar