Langsung ke konten utama

Postingan

Pendidikan Internasional [PGSD UNU NTB]

BAB IX PENDIDIKAN INTERNASIONAL A.  Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari uraian materi pada bab ini, maka mahasiswa diharapkan dapat: 1. Menjelaskan tendensi dan latar belakang diselenggarakannya pendidikan internasional. 2. Menjelaskan asumsi pendidikan internasional. 3. Menjelaskan konteks pendidikan internasional dalam inter cultural education. 4. Menjelaskan hubungan antara pendidikan internasional dan pertukaran siswa/mahasiswa 5. Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan intenasional di Indonesia 6. Mengidentifikasi implikasi masalah dalam pendidikan internasional 7. Memberikan alternatif solusi terhadap permasalahan pendidikan internasional B.  Pendahuluan Pendidikan sebagai salah satu lembaga sosial yang tertua selalu mengalami dampak perubahan-perubahan di dalam masyarakat. Bila kita perhatikan perkembangan pendidikan di dunia, maka akan tampak bahwa terutama pada tahun 1960-an dan 1970-an pendidikan tidak hanya merefleksikan s...

Question Pendidikan Guru [PGSD UNU NTB]

Latihan: 1. Jelaskan asumsi dilaksanakannya pendidikan guru! 2. Jelaskan konsep sistem pendidikan guru! 3. Sebutkan komponen-komponen dalam sistem pendidikan guru! 4. Jelaskan syarat-syarat menjadi seorang guru profesional! 5. Jelaskan berbagai lembaga penyelenggara pendidikan keguruan! 6. Apa saja implikasi masalah dalam pendidikan guru? 7. Jelaskan solusi untuk permasalahan pendidikan guru yang ada di Indonesia! Jawaban: 1. Dalam undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pelaksaan Nasional dinyatakan dengan jelas bahwa tenaga kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan layanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan (pasal 39 ayat 1). Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan bimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terutama bagi p...

Pendidikan Internasional [PGSD UNU NTB]

BAB IX PENDIDIKAN INTERNASIONAL A. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari uraian materi pada bab ini, maka mahasiswa diharapkan dapat: 1. Menjelaskan tendensi dan latar belakang diselenggarakannya pendidikan internasional. 2. Menjelaskan asumsi pendidikan internasional. 3. Menjelaskan konteks pendidikan internasional dalam inter cultural education. 4. Menjelaskan hubungan antara pendidikan internasional dan pertukaran siswa/mahasiswa 5. Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan intenasional di Indonesia 6. Mengidentifikasi implikasi masalah dalam pendidikan internasional 7. Memberikan alternatif solusi terhadap permasalahan pendidikan internasional B. Pendahuluan Pendidikan sebagai salah satu lembaga sosial yang tertua selalu mengalami dampak perubahan-perubahan di dalam masyarakat. Bila kita perhatikan perkembangan pendidikan di dunia, maka akan tampak bahwa terutama pada tahun 1960-an dan 1970-an pendidikan tidak hanya merefleksikan segala dinamik...

Supervisi Pembelajaran Dengan Pendekatan Ilmiah [PGSD UNU NTB]

Supervisi Pembelajaran Dengan Pendekatan Ilmiah A.        Pengertian Supervisi Pembelajaran Secara etimologi supervisi berasal dari kata bahasa Inggris  Supervision  yang terdiri dari kata  super  dan  vision  yang masing-masing kata itu berarti atas dan penglihatan. Jadi secara etimologis, supervisi adalah penglihatan dari atas. Pengertian itu merupakan arti kiasan yang menggambarkan suatu posisi dimana yang melihat berkedudukan lebih tinggi dari pada yang dilihat. Hal ini dapat diartikan bahwa kegiatan supervisi dilakukan oleh atasan kepada bawahan.  Alfonso mendefiniskan supervisi pembelajaran sebagai berikut:  “ Instruction supervision is here in defined as: behavior officially designed by organization that directly affect teacher behavior in such a way as to facilitate pupil learning and achieve the goals organization ”   (Alfonso, Firth & Naville, 1981;43) . Supervisi pengajaran di sin...