Langsung ke konten utama

Bincang Kurikulum With bapak Dr. Rusman M. Pd (pgsd unu ntb)

 

IsnainiAyH, jembatan gantung 




Dalam bincang kurikulum 
Hari ini saya akan memanggil seorang pakar dari Departemen kurikulum dan teknologi pendidikan bapak dr.Rusman m.pd dan kami hadirkan dalam acara Indika inspirasi pendidikan baik untuk itu segera saja saya panggilkan seorang pakar pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia berapa Dr Rusman mpd Kepada beliau saya sambut dan saya persilahkan 

Selamat pagi Assalamualaikum bapak Rusman  apa kabarnya??? waalaikumusalam wr.wb. Alhamdulillah baik sekarang sedang sibuk apa aktivitasnya selain mengajar dan meneliti banyak sekali tentang kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini saya ingin memberikan apa ya sebuah gambaran bahwa pendidikan di kita ini sudah berlangsung 11 kali perubahan yang baru teman lama Bagaimana pandangan Bapak tentang komponen kurikulum terutama untuk kurikulum 2013 yang baru-baru ini sudah digulirkan kemudian sempat terhambat juga begitu silakan Pak Rusman 

Rusman alhamdulillah baik selain mengajar dentist saya ingin memberikan apa yang sebuah gambaran bahwa pendidikan di kita wisuda berlangsung 11 kali perubahannya ni baru bagaimana pandangan dapat tentang komponen kurikulum terutama untuk kurikulum 2013 yang baru-baru ini silakan s4 terhambat juga begitu silahkan pak ruslan makasih ya bisa jadi kurikulum itu kan ada perez jadi otomatis kalau ada bangunkan pagi pulang sekarang yang terbaru itu kan menjadi kurikulum 2013 olx.com sayang pertama misalnya untuk komponen tujuan hal-hal yang berbeda di mana sebelumnya kita hanya mengacu pada belum ya yang kau ketik apa itu suka motorik itunya hanya 3 saja ada komentar mana sekarang kutunggu di kertasnya pengumpulan jimat bni akan mengajukan pada saat 2010 sampai 2012 budi hapus kungfu kitek-kitekan 243 usaha kalau kecil lagi sd card halo tentang sepatu olahraga yang ketiga itu ke-3 tuh pengetahuan dan ketik betulkah itu sikap sosial kaki tiga tempat keterampilan aku lagi makan 234 sumatera pesan disini kita dulu 2013 mp3 belas itu kemarin 2015 11 ganti lalu keduanya tki produksi disini ada penyempurnaan itu karena katanya banyak guru yang pada menjabarkan q1 kenapa lama playing seperti syifa ips youtube agama dan berarti kurang jakarta lucky 2 tempat untuk awas dalam ketika berbuka ada dua mutu sembi pertama it namanya bagus ada here lestit pembelajaran kanani katanya 19 contoh tapi tidak di ada di rpp tidak ada ibarat untuk orang pertama jadi sekarang perlu menjadi empat kaki cara menjadikant tips mereka hanya 3d lagi apa adek untuk kaki tiga tanpa semula berada pergi berikan berikan kepadaku matematika mencapai tadi dari ke-1 komplikasi itu keluara dilarang .katanya sudah kita jabarkan dalam rpp atau karakter kurikulum kita kembang matikan jalan seperti yang anda konsumsi kemudian komunikasi kemudian perubahan tujuan pacaran karaoke di negara dan duniai untuk komponen yang kedua itu ada komponen namanya konten atau materi kelas 2 kurikulum jadi kalau tujuan sudah ditetapkan kembangkan menjadi komponen yang ke rpp jadi pan sistematika urutan kedalaman keluar dari kondektur ketikkan makannya jenjang ada kelas ada semester 2 karangjati kamu halaman keluar satu akan berbeda terus tradisi yang lengkap itu ya ips terpadu jadi tidak mapel tapi kalau pecah smp itu bisa digunakan mapel lebih ketat namanya aku apa itu sejarah menjadi ips ipa abadikane japan oke sementara ini di tingkat jenjang pendidikan sekolah maupun dari sd smp sma dengan berbagai jenjang nya ada tidak bisa sebuah sistem atau supervisi puisi atau konten materi yang akan diberikan kepada siswa foto konten matematika matriks karena sudah siap pembuatan tematik terpadu untuk anak sd kelas 1 sampai kelas 6 7 dibuatkan ya tik jadi guru tinggal di mengembangkan menjadi rpp lalu siap diajarkan di sekolah superst melanggar aturan dari sistem pemerintahan yang dari securityiic sakit drag racing satu itu catatant dimengerti apa namanya kamu banyak menyatakan guru pemuda dalam surat mengimplementasikan kena seperti latihan hadis dan juga terdeteksi ini kalo teaching bagaimana dia menerapkan tematik itu sudah dilakukan sudrajat oha so dengan real nya dengan tematik terpadu tepung gitu seperti itu kalau belum ya disinilah peran kepala sekolah control yang bermacam-macam pemandu bagi guru statistik terpadu gitu riau seperti disebutkan kompleks apa ini tergantung kelihatan halo aulia cepetaniit retweetii kegiatan kurikulum 2013 ini foto bbm-nya processor guru harus tahu tadi kita harus pembelajaran ada daerah pembelajaran langsung ada pembaca tidak langsung kabar untuk agama dan ppkn itu indah erek untuk kaki satu dan kaki dua tapi kait 123 test semua untuk agama budi pekerti adalah direction nanti kalau malam itu siapa ada kaki dua tiga dan empat sampai kerupukt dancer dibuat rpp tapi dia permadi biasa sampaikan di contoh-contoh ada apa instaa contoh untuk s1 di bandara matematika atau ipa jadi guru kelas tetap berdoa matematika kepada berdoa dulu oleh kami lakukan oleh matematika di kaki apa tapi tadi sabtu seperti itu mengapa sebaran langsung artinya ketika anak kedalaman berdua aku tidak perlu kapal selam guru agama tentang radio nostalgia tidak pernah salah tulis melaporkan tapi ular tentang asia itu seperti apa boleh tapi tetap nyaman good night tidurcb goyang baik itu seperti ini kalau matematika itu ceritanya seperti ini begitu ya papa kan harus harus di situ masuk matematik itu sebenarnya sayanga gamea ada dua pendapat untuk komponen media ada yang masuk ke dalam proses ada yang terpisah tapi gila ada masalah gimana kita bersukaria siapa gitu ya tapi kalau di mana bro daerah yang ke-22 kita menetapkan tentang ya modelnya apa begitu ya membuat komponen yang ketiga ini harus menetapkan met dia modelnya strategi pendekatan sampaikan media pembelajaran bahkan kata satu anak-anak pasar anda miliki sangat penting karena pola pikir anak itu kan masih kecil konkrit artinya situ ya jadi nggak bagus tapi kalau ini bisa comedy menariknya pembicaraan kita tentang komponen dari kurikulum ini tapi saya berikan kesempatan untuk barusan terakhir kali atasi statement tekan tekan tentang komponen kurikulum ini untuk seluruh penduduk di indonesia setelah kan terus mandi ada empat ya jadi ada ada tadi aku materi yango ketika itu ada proses banyak 14 jadi tempat ini ya tolonglah bagi guru semua dalam membantu kurikulum dan makan ketemu kamu itu ya jadinya kita tahu ada evolusi itu ada pegangan authentic assessment gitu jadi cheat kognitif .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sumber Otoritas Pelaksanaan Supervisi [PGSD_UNU_NTB]

Pelaksanaan Supervisi Oleh Kepala Sekolah Dan Pengawas Di Sekolah BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pelaksanaan supervisi bukan untuk mencari kesalahan guru tetapi pelaksanaan supervisi pada dasarnya adalah proses pemberian layanan bantuan kepada guru untuk memperbaiki proses belajar mengajar yang dilakukan guru dan meningkatkan kualitas hasil belajar. Kegiatan supervisi pendidikan sangat diperlukan oleh guru, karena bagi guru yang bekerja setiap hari di sekolah tidak ada pihak lain yang lebih dekat dan mengetahui dari dalam segala kegiatannya, kecuali Kepala Sekolah. Guru merupakan salah satu faktor penentu rendahnya mutu hasil pendidikan. Dalam rangka pelaksanaan program supervisi pendidikan maka harus mencakup semua komponen yang terkait dan mempengaruhi terhadap keberhasilan program supervisi pendidikan. Keberhasilan tersebut dilihat dari komponen perencanaan, implementasi dan dampak dari program supervisi pendidikan. Kepala Sekolah dalam melaksanakan tugas dan...

Struktur kurikulum TPQ Taman Pendidikan Al Qur’an atau TPA

selampang,30 Agustus 2020 Struktur kurikulum TPQ Taman Pendidikan Al Qur’an atau TPA  Struktur kurikulum TPA ini meliputi inti pembelajaran yang dilewati pada jenjang pendidikan untuk 3 tahun atau dalam enam semester. Pada masing masing jenjang ditempuh dengan waktu satu tahun yang mana dinamakan dengan level. Dengan waktu 3 tahun maka level yang ada adalah : -Level A -Level B -Dan level C  Penyusunan untuk struktur kurikulum TPQ Penyusunan untuk struktur kurikulum TPQ didasarkan kepada standar kompetensi lulusan dengan ketentuaan seperti dibawah ini :  Kurikulum TPQ berisi materi pokok dan materi dengan muatan lokal.Untuk materi pokok yaitu Pembelajaran Alquran, ilmu tajwid, ayat pilihan, bacaan sholat, hafalan surah pendek, praktek ibadah, doa serta adab harian, tahsinul kitabah, dan Pengenalan dasar agama Islam. Untuk muatan lokal disesuaikan dengan kondisi masing masing.  Sedangkan untuk materi pokok pada setiap jenjang l...

Budaya Nasional Sebagai Dasar Pendidikan [PGSD_UNU_NTB]

Bab III. Budaya Nasional Sebagai Dasar Pendidikan Kapita Selekta Pendidikan A. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari uraian materi pada bab ini, maka mahasiswa diharapkan dapat: 1. Mampu menjelaskan pengertian pendidikan dan budaya. 2. Mampu menjelaskan konsep budaya nasional sebagai dasar pendidikan. 3. Mampu mejelaskan keterkaitan antara pendidikan dan kebudayaan. 4. Mampu mendeskripsikan fungsi dan nilai-nilai budaya nasional sebagai dasar pendidikan. 5. Mampu mendeskripsikan implementasi budaya nasional sebagai dasar pendidikan. 6. Mampu menjelaskan implikasi masalah beserta solusi terkait budaya nasional sebagai dasar pendidikan.  B. Pendahuluan    Hanya manusialah yang memiliki budaya, kebudayaan bukan hanya membentuk pribadi seseorang tetapi juga dikembangkan oleh manusia itu sendiri. Dengan demikian jelaslah kiranya bahwa pendidikan tidak lain adalah proses pembudayaan. Artinya apabila pendidikan itu dilepaskan dari kebudayaan maka tujuan pe...