1.Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.[1][2][3] Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.
I. Pertemuan IX: Model-Model Kurikulum
Kita mengenal berbagai macam kurikulum ditinjau dari
berbagai aspek:
1. Ditinjau dari konsep dan pelaksanaannya, kita mengenal
beberapa istilah kurikulum sebagai berikut:
a. Kurikulum ideal, yaitu kurikulum yang berisi sesuatu
yang ideal, sesuatu yang dicita-citakan sebagaimana yang
tertuang di dalam dokumen kurikulum
b. Kurikulum aktual, yaitu kurikulum yang dilaksanakan
dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Kenyataan pada
umumnya memang jauh berbeda dengan harapan. Namun
demikian, kurikulum aktual seharusnya mendekati dengan
kurikulum ideal. Kurikulum dan pengajaran merupakan
dua istilah yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum
merujuk kepada bahan ajar yang telah direncanakan
yang akan dilaksanakan dalam jangka panjang. Sedang
pengajaran merujuk kepada pelaksanaan kurikulum
tersebut secara bertahap dalam belajar mengajar.
c. Kurikulum tersembunyi (hidden curriculum), yaitu segala
sesuatu yang terjadi pada saat pelaksanaan kurikulum ideal
menjadi kurikulum faktual. Segala sesuatu itu bisa berupa
pengaruh guru, kepala sekolah, tenaga administrasi, atau
bahkan dari peserta didik itu sendiri. Kebiasaan guru datang
tepat waktu ketika mengajar di kelas, sebagai contoh, akan
menjadi kurikulum tersembunyi yang akan berpengaruh
kepada pembentukan kepribadian peserta didik.
2. Berdasarkan struktur dan materi mata pelajaran yang
diajarkan, kita dapat membedakan:
a. Kurikulum terpisah-pisah (separated curriculum), kurikulum
yang mata pelajarannya dirancang untuk diberikan secara
terpisah-pisah. Misalnya, mata pelajaran sejarah diberikan
terpisah dengan mata pelajaran geografi, dan seterusnya.
b. Kurikulum terpadu (integrated curriculum), kurikulum
yang bahan ajarnya diberikan secara terpadu. Misalnya
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan fusi dari beberapa
mata pelajaran sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, dan
sebagainya. Dalam proses pembelajaran dikenal dengan
pembelajaran tematik yang diberikan di kelas rendah
Sekolah Dasar. Mata pelajaran matematika, sains, bahasa
Indonesia, dan beberapa mata pelajaran lain diberikan
dalam satu tema tertentu.
c. Kurikulum terkorelasi (corelated curriculum), kurikulum
yang bahan ajarnya dirancang dan disajikan secara
terkorelasi dengan bahan ajar yang lain.
3. Berdasarkan pengembangnya dan penggunaannya,
kurikulum dapat dibedakan menjadi:
a. Kurikulum nasional (national curriculum), yakni kurikulum
yang disusun oleh tim pengembang tingkat nasional dan
digunakan secara nasional.
b. Kurikulum negara bagian (state curriculum), yakni
kurikulum yang disusun oleh masing-masing negara
bagian, misalnya di masing-masing negara bagian di
Amerika Serikat.
c. Kurikulum sekolah (school curriculum), yakni kurikulum
yang disusun oleh satuan pendidikan sekolah. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kurikulum
sekolah. Kurikulum sekolah lahir dari keinginan untuk
melakukan diferensiasi dalam kurikulum.
II.Jenis kurikulum di Indonesia.
Rencana Pelajaran 1947
Rencana Pelajaran Terurai 1952
Rencana Pendidikan 1964
Kurikulum 1968
Kurikulum 1975
Kurikulum 1984
Kurikulum 1994
Kurikulum 2004 (KBK)
Kurikulum 2006 (KTSP)
Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 Revisi
III. Karakteristik kurikulum
Lebih lanjut, dari berbagai sumber sedikitnya dapat diidentifikasikan enam karakteristik kurikulum berbasis kompetensi, yaitu: (1) sistem belajar dengan modul; (2) menggunakan keseluruhan sumber belajar; (3) pengalaman lapangan; (4) strategi individual personal; (5) kemudahan belajar; dan (6) belajar tuntas.
Jejak Pendidikan- Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut:
Mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreatifitas, kerjasama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik;
Sekolah merupakan bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar terencana dimana peserta didik menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar;
Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat;
Memberikan waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
Kompetensi dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran;
Kompetensi inti kelas menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) kompetensi dasar, dimana semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam kompetensi inti;
Kompetensi dasar dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa karakteristik kurikulum 2013 adalah dalam setiap pembelajaran memiliki tujuan untuk mengembangkan sikap spiritual, sosial, pengetahuan, keterampilan sehingga dapat diterapkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bekal pengalaman belajar yang didapatkan, peserta didik akan menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat. Mata pelajaran yang ada di dalam Kurikulum 2013 akan saling memperkuat dan memperkaya antarmata pelajaran yang satu dengan yang lain, begitu juga dengan setiap jenjang pendidikan akan saling memperkuat dan memperkaya pengetahuan yang ada di dalamnya.
Karakteristik kurikulum tahun 1994
a. Semua aspek kurikulum ditentukan oleh Departemen (Pusat)
b. Pembagian tahapan pelajaran di sekolah dengan sistem caturwulan.
c. Pembelajaran di sekolah lebih berorientasi kepada materi pelajaran/isi, sehingga materi pelajaran cukup padat.
d. Memberlakukan satu sistem kurikulum untuk semua siswa di seluruh Indonesia.
e. Proses pembelajaran berpusat pada guru.
f. Evaluasi atau sistem penilaian menekankan pada kemampuan kognitif.
2. Karakteristik KBK
Depdiknas (2002) mengemukan karakteristik KBK secara lebih rinci sebagai berikut:
a. Menekankan kepada ketercapaian kompetensi siswa baik secara individual maupaun klasikal.
b. Berorientasi pada hasil belajar dan keberagaman.
c. Penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi.
d. Sumber belajar bukan hanya guru, tetapi juga sumber belajar lainnya yang memenuhi unsur edukatif.
e. Penilaian menekankan pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan suatu kompetensi.
3. Karakteristik KTSP
a. Pemberian Otonomi Luas Kepada Sekolah dan Satuan Pendidikan
b. Partisipasi Masyarakat dan Orang Tua yang Tinggi
c. Kepemimpinan yang Demokratis dan Profesional
d. Tim-Kerja yang Kompak dan Transparan
e. Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan.
f. Mendorong guru, kepala sekolah, dan pihak manajemen sekolah untuk semakin meningkatkan kreativitasnya dalam penyelenggaraan program-program pendidikan.
g. KTSP sangat memungkinkan bagi setiap sekolah untuk menitikberatkan dan mengembangkan mata pelajaran tertentu yang aksep tabel bagi kebutuhan siswa.
h. KTSP akan mengurangi beban belajar siswa yang sangat padat dan memberatkan kurang lebih 20%.
i. KTSP memberikan peluang yang lebih luas kepada sekolah-sekolah plus untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan.
Komentar
Posting Komentar